Tower of Hanoi


Tower Of Hanoi, Sebuah Teka-teki terkenal dari abad 19.

Tower of Hanoi. Salah satu puzzle yang unik karena memiliki berbagai macam variasi yang membutuhkan penyelesaian yang berbeda untuk tiap variasinya.Tower of Hanoi ini memiliki asal muasal yang unik karena berasal dari sebuah legenda di India.

Teka-teki ini ditemukan Édouard Lucas ahli matematika Perancis di tahun 1883. Ada sebuah legenda tentang candi Indian yang berisi ruang besar dengan tiga tiang yang dikelilingi 64 cakram emas. Pendeta Brahma, melaksanakan tugas dari peramal di masa lalu, sesuai dengan aturan teka-teki ini. Menurut legenda ini, bila teka-teki ini diselesaikan, dunia akan kiamat. Tidak jelas benar apakah Lucas menemukan legenda ini atau terinspirasi olehnya.  

Teka-teki ini cukup dikenal oleh para mahasiswa Ilmu Komputer karena sering muncul pada pengenalan struktur data dan algoritma.

Tujuan dari teka-teki ini adalah untuk memindahkan seluruh tumpukan ke tiang yang lain, mengikuti aturan berikut :

  1. Hanya satu cakram yang boleh dipindahkan dalam satu waktu.  
  2. Setiap perpindahan berupa pengambilan cakram teratas dari satu tiang dan memasukkannya ke tiang lain, di atas cakram lain yang mungkin sudah ada di tiang tersebut. 
  3. Tidak boleh meletakkan cakram di atas cakram lain yang lebih kecil.

Tower of Hanoi sering digunakan dalam riset psikologi dalam pemecahan masalah. Terdapat pula variasi dari Tower of Hanoi, yaitu Tower of London untuk diagnose neuropsikologi dan pengerjaan fungsi eksklusif.
Tower of Hanoi juga sering dipakai dalam skema Backup Rotation ketika membuat penggandaan data komputer dimana banyak tape/ media penyimpanan termasuk didalamnya.
Tower of Hanoi dapat dipakai untuk melatih kreativitas anak-anak dalam masa pertumbuhan. Selain itu, Tower of Hanoi juga sering diimplementasikan dalam proses pengajaran algoritma rekursif dasar. Tower of Hanoi juga digunakan untuk tes memory oleh para neuropsikolog untuk mengevaluasi amnesia.
3 Responses
  1. Anonim Says:

    nyimak dulu ya gan...


  2. Chie ini kayak mata kuliah yang pernah di ajarin pk. Bambang wahyudi... matkul SOD 1...


  3. richienarchy Says:

    @ adhit : hampir sama dit...ini ,mata kuliah dasar dasar banget, kemaren gw test masuk gawe, bentuknya seperti ini...


    Followers